Semoga Anda dalam keadaan sehat dan bahagia yang sempurna. Aamiin
Kabar baik bagi Anda karena japemaste telah menyediakan RPP Matematika SMK/SMA Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017. Jadi bagi Anda yang penasaran ingin melihat dan memilikinya, tenang saja karena Anda bisa langsung melihat RPP format pdf dan mendownloadnya secara gratis.
Agar ada gambaran sedikit sebelum Anda mendownloadnya, japemaste menyuguhkan sedikit isi RPP pada bagian kegiatan pembelajaran.
Sintak Model Pembelajaran dan Kegiatan Pemebelajaran |
Orientasi peserta didik kepada masalah |
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Konsep Nilai Mutlak
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
Peserta didik diminta memperhatikan dan memahami cerita 1.1 tentang kegiatan baris berbaris pada kegiatan pramuka dan 1.2 tentang permainan lompat melompat.yang terdapat pada buku siswa halaman 3-4
Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Peserta didik diminta mengamati Masalah 1.1. Fokus pengamatannya adalah bagaimana menentukan penyelesaian sebuah persamaan nilai mutlak dengan menggunakan Definisi 1.1.
Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Konsep Nilai Mutlak
Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Konsep Nilai Mutlak
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Konsep Nilai Mutlak
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
Mengorganisasikan peserta didik |
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang :
sifat-sifat persamaan nilai mutlak.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Suatu grup musik merilis album, penjualan per minggu (dalam ribuan) dinyatakan dengan model s(t) = -2|t – 22| + 44, t waktu (dalam minggu).
Gambarkan grafik fungsi penjualan s(t).
Hitunglah total penjualan album selama 44 minggu pertama.
Dinyatakan Album Emas jika penjualan lebih dari 500.000 copy
Hitunglah t agar dinyatakan Album Emas. |
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian,
Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Konsep Nilai Mutlak
Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Konsep Nilai Mutlak
Aktivitas
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan Masalah 1.1 sampai dengan Masalah 1.3, yang terdapat padabuku siswa halaman
Mempraktikan
Mendiskusikan
Peserta didik diminta mendiskusikan permasalahan yang terdapat pada Masalah 1.1 dan 1.2. yang terdapat pada buku siswa
Saling tukar informasi tentang :
Konsep Nilai Mutlak
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Konsep Nilai Mutlak
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Konsep Nilai Mutlak
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Konsep Nilai Mutlak
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Konsep Nilai Mutlak |
|
Demikian kilasan bagian kecil isi RPP Matematika SMK/SMA Kurikulum 2013 (K13) Kelas X Revisi 2017. Selengkapnya bisa Anda download pada tabel berikut:
File tersebut dalam format pdf. Jika Anda menginginkan RPP Kelas 10, 11, dan 12 dalam format doc (ms.word) silakan hubungi Admin via whatsApp dengan menge-klik logo whatsApp di bawah. Terima kasih.