RPP Bahasa Inggris SMK/SMA Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017

Januari 06, 2018
RPP Bahasa Inggris SMK/SMA Kelas X Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017


Semoga Anda dalam keadaan sehat dan bahagia yang sempurna. Aamiin

Kabar baik bagi Anda karena japemaste telah menyediakan RPP Bahasa Inggris SMK/SMA Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017. Jadi bagi Anda yang penasaran ingin melihat dan memilikinya, tenang saja karena Anda bisa langsung melihat RPP format pdf dan mendownloadnya secara gratis.

Agar ada gambaran sedikit sebelum Anda mendownloadnya, japemaste menyuguhkan sedikit isi RPP pada bagian kegiatan pembelajaran.
Sintak Model Pembelajaran dan Kegiatan Pemebelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Pemaparan jati diri
dengan cara :
 Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
 Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
 Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
 Teks pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya
 Mendengar
Pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya
 Menyimak,
 mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
 Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
 Mengajukan pertanyaan tentang:
 Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
 perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
 pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
 Mengamati obyek/kejadian,
 Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranta
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang pemaparan jati diri
 Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait
Ungkapan untuk memaparkan jati diri
 Aktivitas
 Peserta didik mengerjakan tugas pada kegiatan membaca.
 Mempraktikan
 Mendiskusikan
 Saling tukar informasi tentang :
 Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
 Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
 Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ungkapan pemaparan jati diri
 Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
 Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
 Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
 Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
 Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
 Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
 Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
 Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
 Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jatidiri
 menganalisis ungkapan memaparkan jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan
 Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru
 memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok

Demikian kilasan bagian kecil isi RPP Bahasa Inggris SMK/SMA Kurikulum 2013 (K13) Kelas X Revisi 2017. Selengkapnya bisa Anda download pada tabel berikut:
RPP Bahasa Inggris Kelas X Ketersediaan
RPP -- 3.1 4.1 Ya Download
RPP -- 3.2 4.2 Ya Download
RPP -- 3.3 4.3 Ya Download
RPP -- 3.4 4.4 Ya Download
RPP -- 3.5 4.5 Ya Download
File tersebut dalam format pdf. Jika Anda menginginkan RPP Kelas 10, 11, dan 12 dalam format doc (ms.word) silakan hubungi Admin via whatsApp dengan menge-klik logo whatsApp di bawah. Terima kasih.

Chat with Admin

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar