Kabar baik bagi Anda karena japemaste telah menyediakan RPP PPKn, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA SMK Kurikulum 2013 (K13) Kelas X Edisi Revisi. Jadi bagi Anda yang penasaran ingin memilikinya, jangan khawatir karena Anda bisa langsung mendownload-nya secara gratis dalam format pdf. Jika Anda ingin memesan RPP PPKn lengkap dengan silabus, prota, promes, KKM, dll. dalam format doc (ms.word) silakan pesan di sini atau klik tombol pesan atau klik logo whatsapp di bawah.
Agar ada gambaran sedikit sebelum Anda mendownloadnya, japemaste menyuguhkan sedikit isi RPP pada bagian kegiatan pembelajaran.
Sintak Model Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran |
---|
Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topikmateri Sistem Pembagian Kekuasaan Negara dengan cara: • Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” • Mengamati lembar kerja materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara pemberian contoh-contoh materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarauntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb • Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), membaca materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaradari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan • Mendengar pemberian materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaraoleh guru • Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. |
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah) |
---|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : • Mengajukan pertanyaan tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : Apa yang dimaksud dengan Sistem Pembagian Kekuasaan Negara? Terdiri dari apakah Sistem Pembagian Kekuasaan Negara tersebut? Seperti apakah Sistem Pembagian Kekuasaan Negara tersebut? Bagaimana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara itu bekerja? Apa fungsi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara? Bagaimanakah materiSistem Pembagian Kekuasaan Negara itu berperan dalam kehidupan sehari-haridan karir masa depan peserta didik? |
Data collection (pengumpulan data) |
---|
KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: • Mengamati obyek/kejadian, mengamati dengan seksama materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya • Membaca sumber lain selain buku teks, mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sedang dipelajari • Aktivitas menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara yang sedang dipelajari • Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: • Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara • Mengumpulkan informasi mencatat semua informasi tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar • Mempresentasikan ulang Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara sesuai dengan pemahamannya • Saling tukar informasi tentang materiSistem Pembagian Kekuasaan Negaradengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. |
Data processing (pengolahan Data) |
---|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : • Berdiskusi tentang data dari materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya. • Mengolah informasidari materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. • Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negara |
Verification (pembuktian) |
---|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : • Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :Sistem Pembagian Kekuasaan Negara, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. |
Generalization (menarik kesimpulan) |
---|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan • Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaraberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Sistem Pembagian Kekuasaan Negara • Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negaradan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan • Bertanya atas presentasi tentang materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. CREATIVITY (KREATIVITAS) • Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara • Menjawab pertanyaan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. • Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang akan selesai dipelajari • Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Sistem Pembagian Kekuasaan Negarayang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
Demikian kilasan bagian kecil isi RPP PPKn SMA SMK Kurikulum 2013 (K13) Kelas X Edisi Revisi. Selengkapnya bisa Anda download pada tabel berikut:
RPP PPKn | Ketersediaan |
---|---|
RPP -- 3.1 4.1 | Ya Download |
Jika Anda berminat memiliki RPP PPKn lengkap dengan silabus, prota, promes, KKM, dll. dalam format doc (ms.word) silakan hubungi Admin via WhatsApp dengan menge-klik logo whatsApp di bawah. Terima kasih.