PISA - SPMA H. Moenadi Turut Tentukan Posisi Indonesia di Dunia

Maret 13, 2015
PISA

Ungaran – Rabu (11/03) SPMA H. Moenadi melaksanakan tes studi PISA (Program for International Student Assessment) yang diikuti oleh 34 siswa berumur 15 tahun. PISA merupakan suatu penilaian pendidikan yang diprakarsai oleh lembaga dunia, OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang berkedudukan di Swiss.

Tujuan tes ini adalah untuk menilai dan memetakan kualitas pendidikan suatu negara dengan peserta negara lain. Juga mengukur tingkat kesiapan siswa dalam menjalani kehidupan ketika dewasa. Adapun jumlah siswa yang berpartisipasi adalah 35 siswa untuk masing-masing sekolah. Sedangkan jumlah sekolah di Jawa Tengah ada 31 yang dipilih secara acak oleh Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan).

“Ini merupakan kesempatan bagi SPMA untuk ambil bagian dalam memperbaiki posisi Indonesia di tingkat dunia, mengingat Indonesia berada pada peringkat 64 dari 65 negara peserta PISA tahun 2012.” terang Mustajab selaku koordinator pada level sekolah. Peringkat pertama diduduki oleh Beijing (China), diikuti Singapura, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Pada tahun ini negara peserta PISA berjumlah 70 negara.

Dengan hasil PISA tahun 2012, Indonesia sudah melakukan upaya perbaikan dengan melakukan pelatihan kepada sekolah-sekolah yang berpartisipasi. Puspendik telah menyediakan soal-soal untuk diujicobakan kepada 35 siswa peserta tes dengan bimbingan guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Sains (Fisika, Kimia, Biologi). Harapannya di tahun 2015 Indonesia menduduki peringkat 10 besar bersanding dengan negara-negara lain yang terkategori negara maju. Semoga. [Jape]





Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar

assalamualaikum..pak
wah postingan tentang SPMA keren pak.. :)
apa tes nya cuman dilakukan d SPMA saja pak,??

Balas

wa'alaikumussalam... terima kasih risti..
yang ikut banyak rist..tapi SMK di kabupaten Semarang cuma SPMA yang ikut

Balas