RPP Prakarya dan Kewirausahaan (PKwu) Kelas X, XI, XII Kerajinan, Budidaya, Pengolahan, dan Rekayasa SMA/SMK K13 Revisi 2017

Januari 25, 2018
RPP Prakarya dan Kewirausahaan (PKwu) Kerainan, Budidaya, Pengolahan, dan Rekayasa SMA/SMK K13 Revisi 2017

Semoga Anda dalam keadaan sehat dan bahagia yang sempurna. Aamiin

Kabar baik bagi Anda karena japemaste telah menyediakan RPP Prakarya dan Kewirausahaan (PKwu) SMA/SMK Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017 yang meliputi Kerajinan, Budidaya, Pengolahan, atau Rekayasa. Jadi bagi Anda yang penasaran ingin melihat dan memilikinya, tenang saja karena Anda bisa langsung melihat RPP format pdf dan mendownloadnya secara gratis.

Agar ada gambaran sedikit sebelum Anda mendownloadnya, japemaste menyuguhkan sedikit isi RPP PKwu Kerajinan pada bagian kegiatan pembelajaran.
Sintak Model Pembelajaran dan Kegiatan Pemebelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar dengan cara :
→ Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
→ Mengamati
● Lembar kerja materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
● Pemberian contoh-contoh materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
→ Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
→ Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
→ Mendengar
Pemberian materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar oleh guru.
→ Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
→ Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
→ Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
→ Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang sedang dipelajari.
→ Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang sedang dipelajari.
→ Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
→ Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
→ Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
→ Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar sesuai dengan pemahamannya.
→ Saling tukar informasi tentang materi :
Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
→ Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

→ Mengolah informasi dari materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
→ Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
→ Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
→ Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
→ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

→ Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
→ Bertanya atas presentasi tentang materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
→ Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

→ Menjawab pertanyaan tentang materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
→ Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang akan selesai dipelajari
→ Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Ide dan peluang usaha serta Analisa peluang usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Demikian kilasan bagian kecil isi RPP Fisika SMA Kurikulum 2013 (K13) Kelas X Revisi 2017. Selengkapnya bisa Anda download pada tabel berikut:
RPP PKwu Ketersediaan
RPP -- 3.1 4.1 Ya Download
RPP -- Hubungi Admin via WhatsApp 085225357500 Ya WhatsApp
File tersebut dalam format pdf. Jika Anda menginginkan RPP Kelas 10, 11, dan 12 dalam format doc (ms.word) silakan hubungi Admin via whatsApp dengan menge-klik logo whatsApp di bawah. Terima kasih.
Chat with Admin

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar