Bikin Blog Guru di Blogger

Agustus 19, 2015
Bikin Blog Guru

Blog atau web blog adalah website sederhana yang berisi teks, gambar, atau data yang tersusun secara sistematis. Blog berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi antara pengunjung dengan pengelola blog. Pengunjung juga bisa berinteraksi secara online dengan widget yang disediakan oleh penyedia layanan blog seperti blogger atau wordpress bahkan dari widget yang bersumber dari luar asalkan support dengan penyedia layanan.

Dalam dunia pendidikan blog bisa dimanfaatkan untuk menunjang tugas utama guru, yaitu melaksanakan pembelajaran, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga penilaian. Pengalaman penulis memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran sangat memudahkan dalam berinteraksi dengan peserta didik karena bisa diakses kapan pun dan di mana pun yang penting tersedia jaringan internet. Apalagi sekarang gadget khususnya smatphone sudah menjamur, hampir seluruh peserta didik sudah memilikinya mengingat harganya yang sangat terjangkau. Jadi memanfaatkan blog sebagai media alternatif dalam pembelajaran sangat tepat.

Blog sangat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kalau dulu guru membuat modul atau handout lalu digandakan dan dibagikan ke peserta didik, sekarang guru tinggal menuangkan isi modul atau handout ke blog dan meminta siswa mengaksesnya untuk mempelajari materi yang akan diajarkan. Guru juga sangat mudah dalam memberikan tugas secara online dan mengumumkan hasil ulangan harian maupun semester tanpa mencetak dan menempelkan di papan pengumuman. Dengan demikian secara tidak langsung guru turut mendukung go green karena mengurangi penggunaan kertas. Jadi kertas hanya digunakan untuk keperluan yang memang tidak bisa digantikan dengan media digital.

Lalu bagaimana cara membuat blog guru untuk pembelajaran? Melalui blog ini Jape Maste akan berbagi pengalaman membuat blog pembelajaran dari tingkat dasar, yaitu membuat blog di blogger. Sebenarnya tidak harus menggunakan blogger, Anda juga bisa menggunakan wordpress, blogdetik, dan layanan blog lainnya.

Cara Membuat Blog Guru di Blogger
  1. Kunjungi www.blogger.com
  2. Jika belum memiliki akun gmail maka Anda harus membuat akun gmail terlebih dulu dengan cara mengunjungi www.gmail.com
  3. Jika Anda sudah memiliki akun gmail, maka tinggal isikan username dan password, lalu klik masuk. Maka Anda akan dibawa ke laman berikut:
  4. Blogger
  5. Laman tersebut meminta Anda untuk membuat sistem kontrol, perlindungan, dan keamanan akun Anda. Anda bisa mengabaikannya lebih dulu dan menunjungi www.blogger.com lagi.
  6. buat blog baru
  7. Klik ‘Blog baru’ lalu isikan Judul, alamat, dan template yang Anda inginkan. Lalu klik 'Ok'
    Maka Anda akan di bawa ke laman berikut:
  8. Entri baru
  9. Anda bisa langsung mengisi blog anda dengan meng-klik ‘Entri baru’ dan menulis artikel yang akan anda tampilkan di blog.
  10. tampilan blog
  11. Jika sudah selesai, klik ‘Publikasikan’ dan klik ‘Lihat blog’ untuk melihat tampilan blog Anda beserta artikel yang Anda tuliskan. Contoh kunjungi bikinblogguru.blogspot.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar