RPP Biologi Kelas X SMK Kurikulum 2013

Agustus 19, 2015
RPP Biologi

Pada kesempatan baik ini Jape Maste akan berbagi perangkat pembelajaran berupa RPP Biologi Kelas X SMK Kurikulum 2013. Sebelumnya akan saya tampilkan cuplikan isi RPP yaitu pada bagian langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Jika ada masukan bisa Anda tinggalkan di kolom komentar. Jika menurut Anda bermanfaat, silakan share ke teman-teman Anda.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru memberi salam dan berdoa bersama siswa , Sebagai implementasi nilai religius
·         Guru mengkondisikan kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·         Sebutkan contoh Protista mirip jamur!
·         Motivasi :
Guru menyuguhkan gambar yang ada di depan
Dari gambar yang dilihat siapa yang dapat menyebutkan namanya!
·         Penyampaian Tujuan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
Mengamati
•Mengamati berbagai jenis jamur yang dibawa peserta didik
•Membaca literatur tentang syarat hidup jamur dari berbagai sumber
Menanya
Peserta didik dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
•     Berbagai macam jamur, bagaimana mengelompokkannya
•     Apa ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain
•     Apa syarat hidup jamur
•     Berbagai macam jamur, bagaimana mengelompokkannya?
•     Apa ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain?
Eksperimen/Eksplorasi
·      Guru membentuk kelompok belajar yang terdiri empat peserta didik setiap kelompok.
·      Peserta didik mendengar penjelasan cara kerja dalam eksperimen
·      Peserta didik menyiapkan alat dan bahan percobaan yang telah disiapkan oleh guru, secara cermat dan teliti,untuk memenuhi rasa ingin tahu
Peserta didikdalam kelompok :
·      Mengamati morfologi jamur mikroskopis dari berbagai bahan (jagung berjamur, tempe berjamur, dll), jamur makroskopis, menggambar hasil pengamatan, menandai nama-nama bagian-bagiannya
·      Melakukan pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir dan kapang)
·      Melakukan pengamatan tubuh buah jamur makroskopis (jamur tiram)
Mengasosiasikan
Peserta didik dalam kelompoknya :
·      Peserta didik mengisi tabel pengamatan sesuai dengan hasil yang diperoleh ,secara jujur pada Lembar Aktivitas Siswa .
·      Peserta didik mengembangkan temuan hasil eksperimen dengan kelompok secara jujur dan bertanggung jawab
·      Menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan jamur dengan organisme lain
·      Menyimpulkan tentang ciri morfologi berbagai jenis jamur ada yang makroskopis, bersel tunggal(uniseluler), multiseluler, dan yang memiliki tubuh buah
·      Membuat laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku atau presentasi
Mengkomunikasikan
·      Peserta didik presentasi dan mengumpulkan laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku
·      Secara klasikal membahas hasil temuan yang diperoleh dari eksperimen sampai pada penyepakatan atau kesimpulan secara demokratis

C. Penutup
·         Salah satu peserta didik menyimpulkan ke depan secara bergantian tentang:
ü  Ciri umum jamur
ü  Klasifikasi jamur dan contoh dari masing-masing kelas jamur
·         Guru memberikan penguatan berupa penjelasan sebagai penyempurnaan kesimpulan yang dihasilkan peserta didik
Jika Anda ingin memiliki RPP Biologi SMK Kurikulum 2013 silakan klik tombol pesan. RPP yang tersedia adalah yang tertera pada tabel. Terima kasih.
Kelas X Semester GasalKelas XI Semester Gasal
RPP Jamur RPP Ekosistem
RPP Metabolisme RPP Limbah
RPP Ruang Lingkup RPP Polusi
RPP Sel 
RPP Struktur Hewan 
RPP Struktur Tumbuhan

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar