Pada kesempatan baik ini Jape Maste akan berbagi perangkat pembelajaran berupa RPP Biologi Kelas X SMK Kurikulum 2013. Sebelumnya akan saya tampilkan cuplikan isi RPP yaitu pada bagian langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Jika ada masukan bisa Anda tinggalkan di kolom komentar. Jika menurut Anda bermanfaat, silakan share ke teman-teman Anda.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
| A. Pendahuluan ( 10 menit ) |
| · Guru memberi salam dan berdoa bersama siswa , Sebagai implementasi nilai religius |
| · Guru mengkondisikan kelas , sebagai implementasi nilai disiplin |
| · Sebutkan contoh Protista mirip jamur! |
| · Motivasi : |
| Guru menyuguhkan gambar yang ada di depan |
| Dari gambar yang dilihat siapa yang dapat menyebutkan namanya! |
| · Penyampaian Tujuan pembelajaran |
| B. Kegiatan Inti |
| Mengamati |
| •Mengamati berbagai jenis jamur yang dibawa peserta didik |
| •Membaca literatur tentang syarat hidup jamur dari berbagai sumber |
| Menanya |
| Peserta didik dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang: |
| • Berbagai macam jamur, bagaimana mengelompokkannya |
| • Apa ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain |
| • Apa syarat hidup jamur |
| • Berbagai macam jamur, bagaimana mengelompokkannya? |
| • Apa ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain? |
| Eksperimen/Eksplorasi |
| · Guru membentuk kelompok belajar yang terdiri empat peserta didik setiap kelompok. |
| · Peserta didik mendengar penjelasan cara kerja dalam eksperimen |
| · Peserta didik menyiapkan alat dan bahan percobaan yang telah disiapkan oleh guru, secara cermat dan teliti,untuk memenuhi rasa ingin tahu |
| Peserta didikdalam kelompok : |
| · Mengamati morfologi jamur mikroskopis dari berbagai bahan (jagung berjamur, tempe berjamur, dll), jamur makroskopis, menggambar hasil pengamatan, menandai nama-nama bagian-bagiannya |
| · Melakukan pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir dan kapang) |
| · Melakukan pengamatan tubuh buah jamur makroskopis (jamur tiram) |
|
| Mengasosiasikan |
| Peserta didik dalam kelompoknya : |
| · Peserta didik mengisi tabel pengamatan sesuai dengan hasil yang diperoleh ,secara jujur pada Lembar Aktivitas Siswa . |
| · Peserta didik mengembangkan temuan hasil eksperimen dengan kelompok secara jujur dan bertanggung jawab |
| · Menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan jamur dengan organisme lain |
| · Menyimpulkan tentang ciri morfologi berbagai jenis jamur ada yang makroskopis, bersel tunggal(uniseluler), multiseluler, dan yang memiliki tubuh buah |
| · Membuat laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku atau presentasi |
|
| Mengkomunikasikan |
| · Peserta didik presentasi dan mengumpulkan laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku |
| · Secara klasikal membahas hasil temuan yang diperoleh dari eksperimen sampai pada penyepakatan atau kesimpulan secara demokratis |
| C. Penutup |
| · Salah satu peserta didik menyimpulkan ke depan secara bergantian tentang: |
| ü Ciri umum jamur |
| ü Klasifikasi jamur dan contoh dari masing-masing kelas jamur |
| · Guru memberikan penguatan berupa penjelasan sebagai penyempurnaan kesimpulan yang dihasilkan peserta didik |
Jika Anda ingin memiliki RPP Biologi SMK Kurikulum 2013 silakan klik tombol pesan. RPP yang tersedia adalah yang tertera pada tabel. Terima kasih.
| Kelas X Semester Gasal | Kelas XI Semester Gasal |
| RPP Jamur | RPP Ekosistem |
| RPP Metabolisme | RPP Limbah |
| RPP Ruang Lingkup | RPP Polusi |
| RPP Sel | |
| RPP Struktur Hewan | |
| RPP Struktur Tumbuhan | |