Pada kesempatan baik ini Jape Maste akan berbagi perangkat pembelajaran berupa RPP Biologi Kelas X SMK Kurikulum 2013. Sebelumnya akan saya tampilkan cuplikan isi RPP yaitu pada bagian langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Jika ada masukan bisa Anda tinggalkan di kolom komentar. Jika menurut Anda bermanfaat, silakan share ke teman-teman Anda.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan ( 10 menit ) |
· Guru memberi salam dan berdoa bersama siswa , Sebagai implementasi nilai religius |
· Guru mengkondisikan kelas , sebagai implementasi nilai disiplin |
· Sebutkan contoh Protista mirip jamur! |
· Motivasi : |
Guru menyuguhkan gambar yang ada di depan |
Dari gambar yang dilihat siapa yang dapat menyebutkan namanya! |
· Penyampaian Tujuan pembelajaran |
B. Kegiatan Inti |
Mengamati |
•Mengamati berbagai jenis jamur yang dibawa peserta didik |
•Membaca literatur tentang syarat hidup jamur dari berbagai sumber |
Menanya |
Peserta didik dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang: |
• Berbagai macam jamur, bagaimana mengelompokkannya |
• Apa ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain |
• Apa syarat hidup jamur |
• Berbagai macam jamur, bagaimana mengelompokkannya? |
• Apa ciri-ciri dan karakteristik jamur yang membedakannya dengan organisme lain? |
Eksperimen/Eksplorasi |
· Guru membentuk kelompok belajar yang terdiri empat peserta didik setiap kelompok. |
· Peserta didik mendengar penjelasan cara kerja dalam eksperimen |
· Peserta didik menyiapkan alat dan bahan percobaan yang telah disiapkan oleh guru, secara cermat dan teliti,untuk memenuhi rasa ingin tahu |
Peserta didikdalam kelompok : |
· Mengamati morfologi jamur mikroskopis dari berbagai bahan (jagung berjamur, tempe berjamur, dll), jamur makroskopis, menggambar hasil pengamatan, menandai nama-nama bagian-bagiannya |
· Melakukan pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir dan kapang) |
· Melakukan pengamatan tubuh buah jamur makroskopis (jamur tiram) |
|
Mengasosiasikan |
Peserta didik dalam kelompoknya : |
· Peserta didik mengisi tabel pengamatan sesuai dengan hasil yang diperoleh ,secara jujur pada Lembar Aktivitas Siswa . |
· Peserta didik mengembangkan temuan hasil eksperimen dengan kelompok secara jujur dan bertanggung jawab |
· Menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan jamur dengan organisme lain |
· Menyimpulkan tentang ciri morfologi berbagai jenis jamur ada yang makroskopis, bersel tunggal(uniseluler), multiseluler, dan yang memiliki tubuh buah |
· Membuat laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku atau presentasi |
|
Mengkomunikasikan |
· Peserta didik presentasi dan mengumpulkan laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis jamur secara tertulis sesuai kaidah penulisan yang berlaku |
· Secara klasikal membahas hasil temuan yang diperoleh dari eksperimen sampai pada penyepakatan atau kesimpulan secara demokratis |
C. Penutup |
· Salah satu peserta didik menyimpulkan ke depan secara bergantian tentang: |
ü Ciri umum jamur |
ü Klasifikasi jamur dan contoh dari masing-masing kelas jamur |
· Guru memberikan penguatan berupa penjelasan sebagai penyempurnaan kesimpulan yang dihasilkan peserta didik |
Jika Anda ingin memiliki RPP Biologi SMK Kurikulum 2013 silakan klik tombol pesan. RPP yang tersedia adalah yang tertera pada tabel. Terima kasih.
Kelas X Semester Gasal | Kelas XI Semester Gasal |
RPP Jamur | RPP Ekosistem |
RPP Metabolisme | RPP Limbah |
RPP Ruang Lingkup | RPP Polusi |
RPP Sel | |
RPP Struktur Hewan | |
RPP Struktur Tumbuhan | |