RPP Biologi SMA SMK Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 K13 Revisi

Maret 21, 2018
RPP Biologi SMA SMK Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 K13 Revisi

Semoga Anda dalam keadaan sehat dan bahagia yang sempurna. Aamiin

Kabar baik bagi Anda karena japemaste telah menyediakan RPP Biologi SMA SMK Kurikulum 2013 (K13) Kelas X, XI, XII Revisi. Jadi bagi Anda yang penasaran ingin memilikinya, jangan khawatir karena Anda bisa langsung mendownload-nya secara gratis dalam format pdf. Jika Anda ingin memesan RPP Biologi lengkap dengan silabus, prota, promes, KKM, dll. dalam format doc (ms.word) silakan pesan di sini atau klik tombol pesan atau klik logo whatsapp di bawah.


Agar ada gambaran sedikit sebelum Anda mendownloadnya, japemaste menyuguhkan sedikit isi RPP pada bagian kegiatan pembelajaran.
Sintak Model Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyadengan cara :
 Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya.

“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
 Mengamati
 Lembar kerja materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya.
 Pemberian contoh-contoh materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyauntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
 Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung).
Membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya.
 Mendengar
Pemberian materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyaoleh guru.
 Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
 Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
 Menulis
Peserta didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
 Mengajukan pertanyaan tentang materi :
 Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Data collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
 Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
 Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang sedang dipelajari.
 Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang sedang dipelajari.
 Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
 Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya.
 Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyasesuai dengan pemahamannya.
 Saling tukar informasi tentang materi :
 Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
 Berdiskusi tentang data dari Materi :
 Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
 Mengolahinformasi dari materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
 Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya.
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
 Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
 Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
 Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyaberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
 Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
 Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
 Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyadan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
 Bertanya atas presentasi tentang materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
 Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
 Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
 Menjawab pertanyaan tentang materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
 Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang akan selesai dipelajari
 Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.


Demikian kilasan bagian kecil isi RPP Biologi SMA SMK Kurikulum 2013 (K13) Kelas X Edisi Revisi. Selengkapnya bisa Anda download pada tabel berikut:
RPP Biologi Ketersediaan
RPP -- 3.1 4.1 Ya Download
Jika Anda berminat memiliki RPP Biologi lengkap dengan silabus, prota, promes, KKM, dll. dalam format doc (ms.word) silakan hubungi Admin via WhatsApp dengan menge-klik logo whatsApp di bawah. Terima kasih.
Chat with Admin

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar