RPP Matematika SMP MTs Kurikulum 2013 (K13) Kelas VII, VIII, dan IX Edisi Revisi

Mei 01, 2018
RPP Matematika SMP MTs Kurikulum 2013 (K13) Kelas VII, VIII, dan IX Edisi Revisi

Semoga Anda dalam keadaan sehat dan bahagia yang sempurna. Aamiin

Kabar baik bagi Anda karena japemaste telah menyediakan RPP Matematika SMP MTs Kurikulum 2013 (K13) Kelas VII, VIII, IX Revisi. Jadi bagi Anda yang penasaran ingin memilikinya, jangan khawatir karena Anda bisa langsung mendownload-nya secara gratis dalam format pdf. Jika Anda ingin memesan RPP Matematika lengkap dengan silabus, prota, promes, KKM, dll. dalam format doc (ms.word) silakan pesan di sini atau klik tombol pesan atau klik logo whatsapp di bawah.


Agar ada gambaran sedikit sebelum Anda mendownloadnya, japemaste menyuguhkan sedikit isi RPP pada bagian kegiatan pembelajaran.
Sintak Model Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat dengan cara :
 Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
 Mengamati
 Lembar kerja materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
 Pemberian contoh-contoh materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
 Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
 Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
 Mendengar
Pemberian materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat oleh guru.
 Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
 Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
 Mengajukan pertanyaan tentang materi :
 Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
 Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
 Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang dipelajari.
 Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang dipelajari.
 Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
 Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
 Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
 Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat sesuai dengan pemahamannya.
 Saling tukar informasi tentang materi :
 Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
 Berdiskusi tentang data dari Materi :
 Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
 Mengolah informasi dari materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
 Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
 Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
 Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
 Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
 Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
 Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
 Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
 Bertanya atas presentasi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
 Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
 Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
 Menjawab pertanyaan tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
 Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang akan selesai dipelajari
 Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.


Demikian kilasan bagian kecil isi RPP Matematika SMP MTs Kurikulum 2013 (K13) Kelas IX Edisi Revisi. Selengkapnya bisa Anda download pada tabel berikut:
RPP Matematika Ketersediaan
RPP -- 3.1 4.1 Ya Download
Jika Anda berminat memiliki RPP Matematika lengkap dengan silabus, prota, promes, KKM, dll. dalam format doc (ms.word) silakan hubungi Admin via WhatsApp dengan menge-klik logo whatsApp di bawah. Terima kasih.
Chat with Admin

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar