Sekarang Jape Maste akan berbagi RPP Fisika SMA Kelas XI Kurikulum 2013. Setiap materi disuguhkan lebih dari satu RPP sebagai pembanding dan pelengkap antara RPP satu dengan yang lain, sehingga Anda memiliki banyak alternatif untuk menggunakan RPP yang sesuai dengan kebutuhan.
Sebelumnya akan ditunjukkan salah satu isi RPP pada bagian Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran untuk dijadikan penilaian. Jika menurut Anda tidak sesuai dengan apa yang Anda cari maka tinggalkan, tapi jika sesuai silakan Anda pesan dengan menekan tombol pesan yang berwarna merah.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (20 menit) |
---|
· Merefleksi hasil kompetensi (KD) sebelumnya tentang Torsi dan hokum Newton I |
· Menjelaskan kaitan Torsi dengan gaya dengan kesetimbangan |
· Menyampaikan tujuan pembelajaran |
· Bertanya dan menagih secara lisan tugas baca mencari informasi tentang elastisitas melalui berbagai sumber (buku, internet, atau modul) |
· Melaksanakan pretes tentang kesetimbangan benda,titik berat |
Mengamati |
---|
· Peserta didik menyimak demonstrasi kesetimbangan benda |
· Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati |
Menanya |
· Siwa mendiskusikan sifat benda tegar dan titik beratMencoba |
· Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 orang |
· Peserta didik dalam kelompok diminta untuk melakukan percobaan sesuai dengan LKS yang disediakan Guru |
· Peserta didik mencermati demonstrasi percobaan. Perwakilan kelompok mencatat hasil percobaan. |
· Masing-masing kelompok diberikan dua masalah yang dapat diselesaikan dengan kesetimbangan benda |
· Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah |
Mengasosiasi |
· Peserta didik menyimpulkan kesetimbangan benda dari hasil percobaan |
· Masing-masing kelompok berdiskusi menghitung Gaya berat benda dengan, kemudian menyimpulkan kaitan antara Jumlah gaya dan Jumlah torsi |
· Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan kesimpulan |
Mengomunikasikan |
· Perwakilan dari dua kelompok menyampaikan hasil hitungan dan kesimpulan diskusi |
· Kelompok mendiskusikan pemecahan masalah |
· Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan |
Penutup (15 menit) |
---|
· Bersama peserta didik menyimpulkan karakteristik Kesetimbangan benda |
· Memberikan tugas baca tentang kesetimbangan benda |
· Melaksanakan postes |
Untuk mendapatkan RPP lengkapnya silakan klik tombol pesan di bawah ini. Jika ada masukan atau saran silakan tinggalkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
RPP Kelas XI | RPP Kelas XI |
---|---|
RPP Dinamika Rotasi | RPP Kinematika |
RPP Dinamika Fluida | RPP Momentum dan impuls |
RPP Pemanasan Global | RPP Usaha dan Energi |
RPP Gerak Harmonis Sederhana | RPP Teori Kinetik Gas |
RPP Gravitasi | RPP Gelombang |