Pada kesempatan ini Jape Maste akan berbagi RPP Matematika SMA/SMK Kelas XI dan seperti biasanya akan kami tunjukkan contoh langkah pembelajarannya.
Langka-langkah Kegiatan Pembelajaran
| Kegiatan Pendahuluan (10 menit) |
| 1. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya |
| 2. Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya. |
| 3. Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan |
| Kegiatan Inti (65 menit) |
| 1. Kegiatan diawali dengan siswa diminta mengamati masalah yang disajikan guru dengan power point |
| 2. Siswa memecahkan masalah yang diberikan guru secara individual. Guru memantau proses penyelesaian siswa, memberikan bantuan jika diperlukan |
| 3. Beberapa mempresentasikan hasil penyelesaian masalah di depan kelas. Siswa saling memberi tanggapan. Guru memberi umpan balik |
| 4. Siswa dibagi 10 kelompok, masing-masing 4 orang |
| 5. Setiap kelompok mempelajari masalah 1.1, 1.2, 1.3 beserta penyelesaiannya |
| 6. Siswa diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang menarik atau belum diketahui tentang masalah yang dipecahkan |
| 7. Beberapa siswa diberi kesempatan memaparkan hasil temuan yang didapat dari masalah-masalah yang telah diselesaikan. Siswa-siswa lain memberikan tanggapan terhadap paparan siswa. Guru memberi tanggapan dan atau umpan balik |
| 8. Siswa diminta menemukan suatu kesimpulan apa yang dapat mereka peroleh berdasarkan penyelesaian masalah yang telah dilakukan |
| 9. Siswa memaparkan simpulan yang diperoleh. Siswa lain memberi tanggapan. Guru memberi tanggapan dan umpan balik |
| Kegiatan Penutup (15 menit) |
| 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari |
| 2. Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi. |
| 3. Peserta didik melakukan evaluasi pembelajaran. |
| 4. Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai. |
| 5. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan program linear |
| 6. Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya |
Untuk mendapatkan RPP selengkapnya dalam format doc, silakan klik tombol download. Jika ada masukan atau saran silakan tinggalkan komentar. Terima kasih
Hilangkan tanda centang sebelum mendownload
Password: japemaste.blogspot.com