RPP Matematika SMA/SMK Kelas X Kurikulum 2013

Agustus 07, 2015
RPP Matematika

Kali ini Jape Maste akan berbagi RPP Matematika SMA/SMK Kelas X. Seperti biasa akan kami tunjukkan contoh langkah pembelajarannya.

Langka-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.    Guru menyampaikan kegiatan yang perlu dilakukan pada pertemuan tersebut
4.    Guru memberikan gambaran perlunya kompetensi mempelajari eksponen dan logaritma
Kegiatan Inti (100 menit)
Tahap 1: Bilangan berpangkat bulat positif
1.      Siswa mencermati tayangan Power Point file: ALKRIS -bilangan berpangkat AWAL. Proses pertumbuhan bakteri yang digambarkan digambarkan dengan simulasi dari slide (slide 1-3)
2.         Membaca bentuk aljabar dan hasil operasi aljabar dari eksponen (Slide; sample terlampir),
3.         Dari mengamati slide, dalam kelompok, peserta didik menanya tentang hubungan antara waktu dan banyaknya bakteri dan menanya tentang notasi-notasi yang berbeda dari bilangan yang sama, peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen. (Jika peserta didik tidak muncul pertnyaan, guru bertanya: Jika Anda membuat sendiri kembali rangkaian kejadian dari sejak pertama danya bakteri, pertanyaan apa yang muncul ketika Anda menggambarnya?)
4.         Kemudian peserta didik menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan (bilangan dan banyak bakteri) sehingga dapat menduga-duga sementara(conjectur) mengenai banyak bakteri dalam selang waktu tertentu kaitannya denganwaktu, dibawa le pengertian dan aturan dari penulisan eksponen
5.         Dengan mengasosiasi bilangan-bilangan yang muncul pada slidekaitannya dengan selang waktu peroide pembelahan bakteri, disimpulkan arti notasi eksponen hubungannya dengan perkalian berganda, sehingga peserta didik menemukan arti an.
6.         Dengan bantuan melengkapi tiga baris pertama tampilan Slide 5, siswa dapat menyatakan definisi an.
7.         Untuk menguatkan pemahaman tentang definisi an siswa dalam kelompok ditugasi
a.       Membandingkan kesamaan dan perbedaan utama simulasi pada slide dengan Masalah 1.2 Buku Siswa halaman 5
b.      Mendiskusikan syarat-syarat dipenuhinya definisi a^n = a x a x a x ... x a
c.       Mengerjakan Tugas yang disusun guru terlampir pada Lampiran 1
8.      Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi
Tahap 2: Bilangan berpangkat nol dan bulat negatif
9.      Peserta didik mencermati Masalah-1.3 dari Buku Siswa Kelas X halaman 6, melengkapi tabel pada halaman 6 dan mencermati bilangan-bilangan yang dihasilkannya serta membandingkan hasil kelengkapanpada tabel dari halaman 6 tersebut dengan grafiknya pada halaman 7
10.  Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan perilaku grafik ketika x menuju -µ dan ketika x menuju µ; apakah grafik itu sampai berpotongan dengan sumbu X atau bagaimana.
11.  Untuk menguatkan konsep peserta didik, diminta peserta didik dalam kelompok melengkapi tabel di bawah grafik pada halaman 7, (tugas pada Latihan 1.1halaman 7)
12.  Dengan mengaitkan pemahaman pembelajaran dari Tahap 1, Peserta didik mencermati makna Defenisi 1. 2 dan 1.3 (Buku Siswa halaman 8)
13.  Untuk lebih memahami Definisi 1.2 dan 1.3 siswa ditugasi;
a.       menyelesaikan (sendiri) Contoh 1.1 dan membandingkannya dengan jawaban yang telah tersedia
b.      Mengerjakan Tugas 2 buatan guru (terlampir)
14.  Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.         Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai
a.       Definisi dan makna bilangan berpangkat bulat positif dan notasinya
b.      Definisi dan makna bilangan berpangkat nol dan bulat negatif serta notasinya
2.         Guru menutup pelajaran dengan doa bersama
Untuk mendapatkan RPP selengkapnya dalam format doc, silakan klik tombol download. Jika ada masukan atau saran silakan tinggalkan komentar. Terima kasih
Hilangkan tanda centang sebelum mendownload
Password: japemaste.blogspot.com 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar