Kali ini Jape Maste akan berbagi RPP Matematika SMA/SMK Kelas X. Seperti biasa akan kami tunjukkan contoh langkah pembelajarannya.
Langka-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (10 menit) |
1. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran |
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran |
3. Guru menyampaikan kegiatan yang perlu dilakukan pada pertemuan tersebut |
4. Guru memberikan gambaran perlunya kompetensi mempelajari eksponen dan logaritma |
Kegiatan Inti (100 menit) |
Tahap 1: Bilangan berpangkat bulat positif |
1. Siswa mencermati tayangan Power Point file: ALKRIS -bilangan berpangkat AWAL. Proses pertumbuhan bakteri yang digambarkan digambarkan dengan simulasi dari slide (slide 1-3) |
2. Membaca bentuk aljabar dan hasil operasi aljabar dari eksponen (Slide; sample terlampir), |
3. Dari mengamati slide, dalam kelompok, peserta didik menanya tentang hubungan antara waktu dan banyaknya bakteri dan menanya tentang notasi-notasi yang berbeda dari bilangan yang sama, peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen. (Jika peserta didik tidak muncul pertnyaan, guru bertanya: Jika Anda membuat sendiri kembali rangkaian kejadian dari sejak pertama danya bakteri, pertanyaan apa yang muncul ketika Anda menggambarnya?) |
4. Kemudian peserta didik menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan (bilangan dan banyak bakteri) sehingga dapat menduga-duga sementara(conjectur) mengenai banyak bakteri dalam selang waktu tertentu kaitannya denganwaktu, dibawa le pengertian dan aturan dari penulisan eksponen |
5. Dengan mengasosiasi bilangan-bilangan yang muncul pada slidekaitannya dengan selang waktu peroide pembelahan bakteri, disimpulkan arti notasi eksponen hubungannya dengan perkalian berganda, sehingga peserta didik menemukan arti an. |
6. Dengan bantuan melengkapi tiga baris pertama tampilan Slide 5, siswa dapat menyatakan definisi an. |
7. Untuk menguatkan pemahaman tentang definisi an siswa dalam kelompok ditugasi |
a. Membandingkan kesamaan dan perbedaan utama simulasi pada slide dengan Masalah 1.2 Buku Siswa halaman 5 |
b. Mendiskusikan syarat-syarat dipenuhinya definisi a^n = a x a x a x ... x a |
c. Mengerjakan Tugas yang disusun guru terlampir pada Lampiran 1 |
8. Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi |
Tahap 2: Bilangan berpangkat nol dan bulat negatif |
9. Peserta didik mencermati Masalah-1.3 dari Buku Siswa Kelas X halaman 6, melengkapi tabel pada halaman 6 dan mencermati bilangan-bilangan yang dihasilkannya serta membandingkan hasil kelengkapanpada tabel dari halaman 6 tersebut dengan grafiknya pada halaman 7 |
10. Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan perilaku grafik ketika x menuju -µ dan ketika x menuju µ; apakah grafik itu sampai berpotongan dengan sumbu X atau bagaimana. |
11. Untuk menguatkan konsep peserta didik, diminta peserta didik dalam kelompok melengkapi tabel di bawah grafik pada halaman 7, (tugas pada Latihan 1.1halaman 7) |
12. Dengan mengaitkan pemahaman pembelajaran dari Tahap 1, Peserta didik mencermati makna Defenisi 1. 2 dan 1.3 (Buku Siswa halaman 8) |
13. Untuk lebih memahami Definisi 1.2 dan 1.3 siswa ditugasi; |
a. menyelesaikan (sendiri) Contoh 1.1 dan membandingkannya dengan jawaban yang telah tersedia |
b. Mengerjakan Tugas 2 buatan guru (terlampir) |
14. Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi |
Kegiatan Penutup (10 menit) |
1. Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai |
a. Definisi dan makna bilangan berpangkat bulat positif dan notasinya |
b. Definisi dan makna bilangan berpangkat nol dan bulat negatif serta notasinya |
2. Guru menutup pelajaran dengan doa bersama |
Untuk mendapatkan RPP selengkapnya dalam format doc, silakan klik tombol download. Jika ada masukan atau saran silakan tinggalkan komentar. Terima kasih
Hilangkan tanda centang sebelum mendownload
Password: japemaste.blogspot.com